Warga Sumsel Dirawat di Pekanbaru

Ada Lima Penambahan Pasien Positif Covid-19 

Kadiskes Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--  Data terbaru dari Tim Gugus Tugas Provinsi Riau mencacat ada lima penambahan kasus positif Sabtu (18/7/2020). Hal itu diumumkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir kepada wartawan, Sabtu (19/7/2020).

Dari lima kasus ini, dua di antaranya tidak memiliki riwayat perjalanan ke wilayah terjangkit dan tidak memiliki kontak erat dengan pasien positif.

Mimi menjelaskan, bahwa pasien ke 257 adalah nyonya DN (46) warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. 

Nyonya DN diketahui positif, setelah melakukan rapid test pada tanggal 13 Juli 2020 dengan hasil reaktif dan dilanjutkan pemeriksaan swab di tanggal 14 Juli 2020 lalu di salah satu Rumah Sakit Swasta di Kota Pekanbaru.

''Hasilnya positif Covid-19. Namun, belum diketahui riwayat penularan dari nyonya DN karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif covid-19,'' terang Mimi.

Pasien ke 258 adalah tuan ARM (16) warga Provinsi Sumatra Selatan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. 

Tuan ARM diketahui positif setelah melakukan Swab Mandiri pada tanggal 16 Juli 2020 di salah satu Rumah Sakit di Kota Pekanbaru dengan dinyatakan Positif Covid-19. 

Sedangkan dari hasil tracing, tuan ARM diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Kota Palembang ke Kota Pekanbaru. 

Pasien selanjutnya yang ke 259 adalah tuan S (25) warga Kabupaten Indragiri Hilir. Saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir.

Dari hasil tracing, tuan S merupakan kontak erat temannnya, pasien ke 240 tuan M (26) warga Kabupaten Indragiri Hilir. 

''Hasil tracing tuan M, ia memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Kalimantan  Selatan pada tanggal 23 Juni 2020 dan tiba di Kabupaten Indragiri Hilir tanggal 25 Juni 2020,"  jelas Mimi. 
 
Pasien ke empat positif yakni ke 260 positif covid-19 di Riau adalah tuan MN (56) warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. 

Tuan MN diketahui positif, setelah melakukan Swab mandiri pada tanggal 17 Juli 2020 di salah satu Rumah Sakit di Kota Pekanbaru dengan dinyatakan Positif Covid-19. 

"Sama dengan pasien ke 257, kami belum mengetahui riwayat penularan dari tuan MN. Karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif covid-19,'' ujar Mimi. 

Pasien ke 261 adalah seorang remaja, yakni tuan H (18) warga Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

''Hasilnya tracing tuan H (18) diketahui kontak erat anak dari kasus positif Ke 244 nyonya SR (48) yang merupakan warga Kabupaten Siak,'' papar Mimi. 

Sementara itu, untuk update uji di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad. Saat ini tim gugus telah memeriksa 16.020 spesimen.(Ha)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar